Kamis, 06 Maret 2014

Penerimaan TBS di Loading Ramp

Stasiun Loading Ramp adalah tempat untuk pembongkaran TBS yang dikirim dari kebun, tempat sortasi hasil panen, dan tempat penampungan sementara sebelum didistribusikan ke dalam lori-lori TBS. TBS di Loading Ramp tidak boleh ditahan /disimpan terlalu lama karena TBS yang sudah luka atau terlalu masak dari kebun akan mengalami proses kenaikan ALB. Untuk itu perlu diterapkan prinsip FIFO (First In First Out) dalam pendistribusiannya ke lori-lori.
Gambar 1. Pembongkaran TBS ke Loading Ramp

Prinsip FIFO merupakan suatu sistem yang mempunyai maksud segala susuatu yang diterima terlebih dahulu harus dikeluarkan paling awal. Penerapan sistem FIFO di pabrik masih belum dapat terlaksana secara maksimal dikarenakan :
1.      Pengiriman TBS ke pabrik belum dapat distandarkan untuk setiap harinya, sehingga sulit untuk memperkirakan proses produksi yang kontinyu.
2.      Pada saat kiriman TBS melimpah (panen puncak), menyebabkan TBS menumpuk di lantai Loading Ramp dikarenakan kapasitas produksi pabrik tidak sesuai dengan TBS yang masuk.
3.      Kurangnya perhatian dari pihak kebun dalam menerapkan prinsip FIFO sehingga pihak pabrik tidak dapat mengetahui mana buah yang baru di panen dan buah yang telah menginap di kebun. Dalam hal ini pabrik hanya berpatokan mobil yang pertama masuk dianggap sebagai TBS yang baru dipanen.
Fungsi Loading Ramp yaitu :
·         Tempat penampungan sementara TBS dari kebun sendiri atau Pihak ke 3
·         Memudahkan masuknya TBS ke dalam lori
·         Mengurangi kadar kotoran yang terbawa TBS dari kebun
Konstruksi Loading Ramp umumnya sebagai berikut :
1.      Untuk pabrik kapasitas olah 30 ton/jam memiliki kapasitas Loading Ramp 240 ton, sedangkan pabrik kapasitas olah 60 ton/jam memiliki kapasitas Loading Ramp 480 ton (2 unit)
2.      Dimensi dari Loading Ramp (20 pintu) :
·  Panjang                    : 36,0 m
·  Lebar                        :   7,5 m
·  Tinggi dinding       :   2,0 m
·  Panjang pintu         : 1,80 m
·  Lebar pintu             : 1,25 m
·  Jarak sekat               : 2 – 2,5 cm
·  Sudut kemiringan  : 25 - 27°
3.      Sistem buka tutup pintu ada dua macam sistem yaitu dengan penggerak elektromotor dan hidraulik.
Gambar 2. TBS di Loading Ramp saat panen puncak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar