Kamis, 06 Maret 2014

Pengukuran Losses Minyak Pada Proses Pengolahan

Gambar 1. Losses MS

Beberapa oil losses yang terjadi pada proses pengolahan TBS antara lain :
1.    Oil losses di kondensat sterilizer
Tujuannya adalah untuk mengukur kehilangan minyak pada masing-masing sterilizer, memonitor effisiensi sterilization, memonitor kematangan TBS yang masuk, mempelajari kehilangan minyak yang berhubungan  dengan tipe perebusan (double atau triple peak), mengetahui jangka waktu  pembersihan sterilizer. Sampel diambil pada output pipa kondensat sterilizer tiap rebusan (tiap 1 siklus diambil sampel).

2.    Oil losses di tandan kosong (tankos)
Tujuannya adalah untuk mengukur kehilangan minyak pada tankos, menghasilkan data harian dari kehilangan minyak untuk keperluan kontrol, mendeteksi buah rebus yang terlalu matang, dan kapasitas thresher. Setiap janjangan ke 10 dan 20 diambil untuk sampel tiap 2 jam sekali.

3.    Oil losses di Unstripped Bunches (USB)
Tujuannya adalah untuk memantau effisiensi dari proses sterilisasi dan threshing, memonitor kehilangan minyak akibat dari proses perebusan yang tidak  sempurna. Sampel diambil sebanyak 100 bh dengan kelipatan 5 diambil 1 sampel.

4.    Oil losses di fibre press
Tujuannya adalah untuk mengetahui kehilangan minyak dan persentasi nut pecah dalam fibre, menentukan  rasio nut/fibre untuk pressing yang optimum. Contoh diambil dalam jumlah yang sama dari ketiga sudut cones keluaran  press, dilakukan setiap 1 jam sekali.

5.    Oil losses di St. Klarifikasi
Tujuannya adalah untuk memonitor effisiensi dari proses klarifikasi. Sampel diambil dari pipa output St. Klarifikasi menuju Fat Pit setiap 1 jam sekali.

6.    Oil losses di sludge waste
Tujuannya adalah untuk mengetahui kehilangan minyak dalam sludge waste, mempertahankan efisiensi sludge centrifuge untuk meminimalkan kehilangan minyak. Sampel diambil pada pipa sludge waste setiap 1 jam sekali.

7.    Kernel losses di fibre cyclone
Tujuannya adalah untuk mengetahui banyaknya  kehilangan kernel pada fibre cyclone. Sampel diambil di bagian bawah pemutar sistem fibre cyclone setiap 1 jam sekali.

8.    Kernel losses di LTDS
Tujuannya untuk mengetahui kekuatan hisap LTDS dan kehilangan kernel. Sampel diambil dibagian bawah LTDS cyclone diambil setiap 1 jam sekali.

9.    Kernel losses di claybath
Tujuannya adalah untuk mengetahui total kehilangan kernel dalam shell. Sampel diambil setelah keluar dari vibrating conveyor setiap 1 jam sekali.

Gambar 2. Tandan Kosong Kelapa Sawit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar